Pages

sm2_468x60

Thursday 2 September 2010

Cara Menggunakan Heading

Pada posting ini anda akan dipandu bagaimana cara menggunakan Heading dengan memberikan contoh-contoh. Contoh yang digunakan adalah struktur tulisan ilmiah seperti skripsi atau proposal penelitian. Biasanya, laporan penelitian seperti ini akan mempunyai bab, sub-bab, bahkan sub sub-bab dengan normor masing-masing.

Sekarang ikuti langkah-langkah berikut ini (menggunakan Heading secara default)

Heading 1
  1. Buka sebuah dokumen yang kosong dan ketik kata Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Materi dan Metode, Hasil dan Pembahasan, serta Kesimpulan dan Saran seperti di bawah ini;
  2. Pada menu Home dan pita Style, klik tanda panah di sudut kanan bawah pita Style untuk menampilkan kotak panel Style;
  3. Taruh kursor di kata Pendahuluan dan klik Heading 1 di panel Style. Ulangi untuk setiap kata di bawahnya. Dengan demikian semua kata tadi akan menggunakan format dan style yang dimiliki oleh Heading 1. Tampilan dokumen berubah seperti di bawah ini:


Heading 2
  1. Di bawah Pendahuluan, ketik misalnya Latar Belakang, Tujuan, dan Kegunaan
  2. Tempatkan kursor di kata Latar Belakang, kemudian klik Heading 2. Kemudian untuk Tujuan dan Kegunaan, ikuti langkah yang sama;
  3. Di bawah kata Tinjauan Pustaka, klik kata apa saja yang menjadi sub-bab dari Tinjauan Pustaka dan berikan style Heading 2 seperti untuk kata Latar Belakang, Tujuan, dan Kegunaan. Demikian seterusnya dengan bab yang lain seperti Materi dan Metode, Hasil dan Pembahasan, serta Kesimpulan dan Saran.
  4. Save dokumen anda itu dan beri nama Latihan Heading untuk kita gunakan kembali nanti dalam tutorial-tutorial selanjujtnya.
Dokumen anda akan tampak seperti di bawah ini


Nah, anda sudah bisa melihat bahwa kata Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Materi dan Metode, Hasil dan Pembahasan, serta Kesimpulan dan Saran menggunakan Heading 1. Kata-kata yang ada di bawah masing-masing menggunakan Heading 2. Demikian seterusnya cara yang digunakan jika dokumen anda mempunyai Heading 3, Heading 4, dan seterusnya.

Langkah berikutnya adalah Cara Mengubah style Heading dan pemberian nomor.

No comments:

Post a Comment